• Rabu, 24 Agustus 2011

    Ilmuwan Kembangkan Memori Tahan Puluhan Tahun

    Penggemar Superman pasti tak asing dengan Fortress of Solitude, markas rahasia yang dipenuhi dengan kristal memori tempat menyimpan ingatan dan pengetahuan kedua orang tua si manusia super ini.



    Mungkin tak lama lagi kristal memori ini tak hanya jadi fiksi semata. Para ilmuwan dari Universitas Southampton, Inggris, sedang mengembangkan cara untuk menyimpan data dalam kristal kaca.



    Mereka melakukannya dengan menyusun ulang atom-atom dalam kristal kaca, kemudian mengubahnya menjadi memori komputer tipe baru. Mereka mengklaim memori jenis ini lebih stabil dan dan tahan lama dibanding memori yang saat ini tersedia.



    Memori yang ada saat ini hanya bisa bertahan selama beberapa puluh tahun dan rentan rusak dalam suhu dan kelembapan yang tinggi. Sementara memori dari kristal kaca ini dikatakan dapat bertahan hingga suhu 1.800 derajat Fahrenheit atau sekitar 982 derajat Celcius, tahan air, dan tak rusak hingga ribuan tahun.



    Para ilmuwan mengatakan informasi di dalam memori kristal tadi dapat disimpan, dihapus, dan disimpan kembali dengan cara mengatur susunan molekuler dengan menggunakan laser. Proses ini mengubah cahaya yang menembus gelas dan menciptakan semacam pusaran dari cahaya terpolarisasi yang kurang lebih serupa dengan serat optik. (tempo)

    0 komentar:

    Posting Komentar