• Sabtu, 04 Desember 2010

    Tips Meningkatkan Kinerja Komputer

    Hai semua …… Sebenarnya kinerja komputer bisa dipengaruhi oleh banyaknya faktor, baik software maupun hardware. Ada berbagai tips yang dapat dilakukan agar kinerja komputer menjadi lebih baik. beberapa tips yang mungkin dapat dilakukan dan mungkin sebagian sudah umum kita lakukan atau kita dengar.
    Uninstall program yang tidak dipakai
    Meskipun tidak djalankan, program yang jarang atau tidak pernah digunakan bisa ikut mempengaruhi kinerja komputer. Terutama program yang menyimpan setting-settingnya di registry. Mengapa ? Karena setiap kali komputer dijalankan, registry windows akan di load di memory, sehingga semakin besar ukurannya, memory yang digunakan akan semakin besar pula.

    Periksa program-program yang otomatis berjalan dengan windows
    Hal ini bisa dicek dengan program seerti autoruns. Biasanya ada beberapa program yang selalu berjalan yang sebenarnya tidak begitu penting atau kurang penting.

    Defragment harddisk
    Ini bisa dilakukan melalui menu Properties-System Tools-Disk Defragment yang tujuannya untuk menata kembali file-file sesuai prioritasnya.

    Mematikan service yang tidak terpakai
    Hal ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang komputer. Service merupakan program juga yang dijalankan (diLoad) setiap komputer hidup. Bisa dilihat melalui Control Panel > Administrative Tools > Service. Jika komputer tidak pernah digunakan online (internet), ada beberapa service yang bisa di non aktifkan Misalnya Windows Time dan beberapa service lainnya (bisa dicek keterangannya). Tapi hal ini juga perlu berhati-hati, jika salah bisa menyebabkan beberapa fungsi windows tidak berjalan.

    Hindari penggunaan Skin Windows
    Kadang penggunaan tampilan/skin tambahan windows bisa mempengaruhi kinerja cukup signifikan. Terutama penggunaan software tambahan. Sebaiknya jika ingin tampilan yang berbeda gunakan saja Windows Themes (bawaan windows). Untuk performa terbaik bisa menggunakan Windows Classic sebagai temanya

    Matikan beberapa efek Visual Windows
    Selain itu beberapa efek Windows XP yang tidak begitu penting bisa dimatikan. Bisa dilakukan melalui klik kanan di My Computer pilih Properties. Ditab Advance di bagian Performance klik tombol Settings. Bisa dinon aktifkan Visual efek yang tidak begitu penting. Lihat gambar di bawah ini !

    Batasi tambahan jumlah font
    Ini berpengaruh ke aplikasi yang menggunakan Pilihan font seperti Microsoft Office. Dengan banyaknya font tambahan akan mempengaruhi ke memori yang digunakan dan loading akan terasa lebih lambat. Jadi gunakanlah font yang sering dipakai saja.

    Hapus icon di desktop yang tidak penting
    Sering program yang diInstall dikomputer akan membuat shortcut baru (icon) di desktop. jika kita jarang menggunakan icon-icon ini, lebih baik dihapus saja, bisa sedikit mengurangi pemakaian memori.

    Scan komputer dari Virus, Spyware, Trojan dan sejenisnya
    Jika komputer terinfeksi virus,sebagian besar kinerjanya akan menurun, bahkan bisa-bisa komputer menjadi sangat lambat. Oleh karena itu sebaiknya selalu dijaga agar komputer bebas virus. Kemudian jika komputer sering terkoneksi internet, maka sebaiknya sekitar sebulan sekali komputer discan dari Spyware, Mallware dan sejenisnya. Bisa juga dengan menginstal Anti Virus, seperti AVG, Avira, dan lain-lain.

    Gunakan alternatif software yang lebih ringan
    Beberapa software kadang hanya digunakan untuk beberapa hal yang sederhana. Misalnya menggunakan ACDSee hanya untuk melihat-lihat gambar atau foto saja. Jika hanya ingin melihat-lihat gambar dengan format standard, maka bisa menggunakan Fasilitas bawaan windows, karena ACDSee cukup berat terutama versi-versi terbaru.

    Menggunakan software TuneUp, defragment dan sejenisnya
    Jika kita kesulitan dengan optimalisasi sistem manual dan ingin cara mudah, maka kita bisa menggunakan program-program TuneUp, Defragment registry, dan sejenisnya.

    Upgrade hardware
    Jika memiliki dana tambahan dan spesifikasi komputer masih pas-pasan maka bisa di Upgrade hardwarenya seperti Memory, CPU atau VGA yang paling berpengaruh biasanya CPU dan Memory.

    Install Ulang
    Kadang sistem yang sangat lama dan penuh dengan program yang banyak/jarang terpakai, meski sudah dioptimalisasi masih saja lambat. Jika seperti itu, mungkin Install Ulang adalah jalan yang terbaik, karena biasanya dengan sistem yang lebih "Fresh" kinerja bisa maksimal.(terlalu sering install ulang bisa membuat harddisk cepat rusak)

    Semoga bermanfaat.
    Jangan lupa ngoment yaa !!

    0 komentar:

    Posting Komentar