• Senin, 07 Maret 2011

    Mozilla Akan Buat Toko Aplikasi Sendiri

    Mozilla merilis kode pengembang untuk membuat sebuah toko aplikasi online sendiri, yang direncanakan untuk semua platform dan semua perangkat.


    Mozilla, pembuat Firefox, telah merilis kode awal untuk pembuatan open app store mereka, yang dirancang untuk menyaingi Apple App Store dan Chrome web store.

    Seperti yang dikutip dari ITP.net, Senin (7/3/2011), tujuan dari Mozilla membangun app store adalah untuk melayani aplikasi berbasis web untuk perangkat atau browser apapun. Mozilla Labs juga telah meluncurkan rilis pengembang pertama untuk proyek tersebut.

    Rilisan pengembang pertama untuk proyek open app store ini menghadirkan sebuah spesifikasi untuk mendeskripsikan sebuah aplikasi web; sebuah perangkat dari browser baru API yang sudah termasuk, kemampuan bagi sebuah website untuk 'menginstall' dirinya sendiri dalam sebuah browser, dan juga sebuah dokumentasi mengenai bagaimana untuk membangun sebuah 'direktori aplikasi' gratis atau berbayar.

    Mozilla berencana untuk meluncurkan lebih banyak pengembangan yang ramah perangkat dan browser dalam beberapa pekan ke depan. Pengembangan ini juga termasuk pengalaman 'in browser' yang terintegrasi, dengan untuk perangkat mobile pengguna, yang mendukung kendali browser, dan integrasi dengan os; serta dukungan untuk widget dan notifikasi.

    Proyek dari Mozilla ini dimaksudkan untuk menyangkal ide kalau aplikasi mobile dan web harus ditempatkan di toko yang berbeda. Chrome app store dan Apple app store adalah contoh dari hal tersebut.

    Ide di balik model Web Applications dari Mozilla adalah agar bisa meluncurkan sebuah aplikasi web dengan hanya satu kali klik atau membagi alamat kontak milik pengguna dengan aplikasi web melalui perangkat atau browser apapun.(techno.okezone)

    0 komentar:

    Posting Komentar